Pages

Rabu, 22 Februari 2012

Perpustakaan Kota Yogyakarta


Sejak tanggal 20 Juli 2007, Perpustakaan Kota Yogyakarta berada di jantung kota Yogyakarta. Tepatnya berlokasi di Jalan Suroto No. 9 Kotabaru, Yogyakarta. Awalnya,  perpustakaan umum ini berada di Alan Pekapalan, Alun-alun Utara Yogyakarta. Karena tempat perpustakaan yang tidak terlihat, sehingga banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan perpustaakn tersebut. Sehingga tahun 2007 dipindah di belakang toko buku Gramedia daerah Kotabaru.
Secara resmi Perpustakaan Kota Yogyakarta berdiri pada tanggal 2 Mei 1993. Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Yogyakarta pertama dirintis dan dikelola oleh Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kotamadya Yogyakarta, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No. 9 Tahun 1988, tanggal 1 Maret 1988 tentang Pedoman Pembentukan Organisasi dan Tatakerja Perpustakaan Umum dan Instruksi Menteri Dalam Negeri No. 21 tahun 1988 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Umum (dikutip dari http://perpustakaan.jogjakota.go.id).
Sejak menempati bangunan baru di Kotabaru, masyarakat sangat antusias dengan keberadaan Perpustakaan Yogya ini. Perpustakaan ini menempati dua lantai, walaupun dengan luas yang minimalis. Namun fasilitas, layanan dan program yang disediakan oleh Perpustakaan Yogya ini
sangatlah lengkap. Fasilitas yang ada di Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah koleksi sirkulasi, koleksi referensi,digital library, wifi area, internet, ruang baca anak, ruang audio visual, ruang pertemuan, mushola dan gazebo.
Pada lantai satu, terdapat koleksi sirkulasi. Koleksi tersebut disusun secara urut menurut nomor klasifikasi dari 000 sampai 900. Selain itu adanya sebuah komputer OPAC untuk menelusur koleksi dan ruang baca. Di lantai dua, terdapat ruang baca anak, koleksi buku anak dan referensi, koleksi terbitan berseri seperti majalah dan surat kabar, ruang pertemuan, beberapa komputer untuk internet, dan ruang audio visual lesehan,
Perpustakaan Kota Yogyakarta membuka layanan pada hari Senin pukul  08.00 wib  sampai dengan 15.30 wib, hari Selasa - Jum'at pukul 08.00 wib  sampai dengan 17.00 wib, hari Sabtu pukul 08.00 wib sampai dengan 15.00 wib, dan hari Minggu pukul 09.00 wib sampai dengan 14.00 wib. Layanan yang disediakan Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan internet, layanan keanggotaan, perpustakaan keliling, blind corner, bank buku, dan digital library.
Program yang diadakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah
a.       Sunday Science
b.      Diskusi Buku Bulanan
c.       Story Reading
d.      Sanggar Menulis Cahaya
e.       Bulan Buku Jogja
f.       Community Day Discussion
g.      Liburan di Perpus Kota
Ciri khas yang ada di Perpustakaan Yogya ini yaitu saat mendekati tutupnya perpustakaan. Setengah jam sebelum perpustakaan tutup, satpam akan memberi informasi dengan pengeras suara. “Saya informasikan bahwa perpustakaan akan tutup setengah jam lagi, bagi pengunjung yang belum melakukan transaksi segera lakukanlah transaksi”. Kurang lebih seperti itulah yang dikatakan oleh Pak Satpam.
Bagi yang belum pernah berkunjung ke Perpustakaan Kota Yogyakarta. Silahkan pilih Perpustakaan Kota Yogyakarta menjadi salah satu alternatif sebagai tempat belajar dan menambah wawasan, selain itu juga tempat rekreasi yang modern.  


0 komentar:

Posting Komentar