Pages

Kamis, 16 Februari 2012

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

-->
Pada tahun 1949 berdirilah sebuah Perpustakaan Negara RI Di kota Yogyakarta. Namun pada tahun 1978 Perpustakaan Negara berubah nama menjadi  Perpustakaan Wilayah provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0199/o/1978 tanggal 23 Juni 1978 ( dikutip dari http://www.bpadjogja.info ). Namun kini Perpustakan tersebut lebih dikenal dengan nama Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY).
BPAD yang berada di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 4 Yogyakarta mempunyai 4 unit perpustakaan. BPAD menjadi unit pusat atau unit Badran I. Unit kedua yaitu Unit Badran II berada di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29 Yogyakarta. Unit yang ketiga yaitu Unit Malioboro yang berada di Jalan Malioboro No. 175 dan yang terakhir unit keempat yaitu Unit Jogja Study Centre ( JSC ).  Selain itu juga terdapat  Badan Arsip Dinamis dan Statis yang menyimpan arsip – arsip Kota Yogyakarta. Badan Arsip ini berada di sebelah selatan BPAD DIY.

Jam buka perpustaakaan unit Badran I pada hari Senin sampai dengan Jumat adalah  jam 08.00 WIB dan tutup pada jam 21.00 WIB. Pada hari Sabtu, perpustakaan buka pada jam 08.00 WIB dan tutup pada jam 17.00 WIB. Fasilitas yang disediakan oleh BPAD Unit Badran I padalantai 1 yaitu ruang baca, hotspot area, dan dilengkapi dengan sebuah miniatur. Koleksi buku sirkulasi yang berada di lantai 1 disusun menurut nomor klasifikasi namun lebih khusus ke subjek, seperti contoh : biologi, hukum, dan administrasi. Dilengkapi juga dengan 2 komputer sebagai OPAC yang dapat membantu penelusuran koleksi.
BPAD Unit Badran I mempunyai beberapa fasilitas lain. Fasilitas- fasilitas tersebut antara lain layanan sirkulasi, layanan ruang baca, referensi, koleksi universitas terbuka, koleksi langka, bimbingan pembaca,  ekstensi ( perpustakaan keliling ), warintek dan internet, deposit, paket buku, dan layanan JLA ( Jogja Library Acces).
Di lantai 2 dibagi menjadi 2 bagian. Pada bagian selatan, kita dapat menikmati layanan referensi seperti kamus, bibliografi dan ensiklopedia. Pada bagian utara lantai 2 terdapat koleksi buku sirkulasi bersubjek akutansi, manajemen, sejarah, kesusastraan, dan koleksi lain pelengkap dari koleksi yang berada di lantai 1. Di halaman BPAD juga terdapat sebuah kantin. BPAD juga dilengkapi dengan akses database jurnal ilmiah yaitu database ilmu sosial dan bisnis. Nama database tersebut adalah proquest. Selain itu, ada layanan JLA ( Jogja Library Access) atau kalatog bersama JLA yang dapat diakses melalui http://jogjalib.jogjakarta.go.id.
Banyak fasilitas yang didapatkan ketika kita berkunjung ke PBAD DIY yang berda di sebelah barat Samsat Yogyakarta. Namun terkadang masyarakat atau mahasiswa tidak mengetahui keberadaan BPAD ini. Sehingga fungsi perpusakaan daerah ini kurang maksimal. Dibutuhkan sebuah promosi untuk memperkenalkan keberadaan PBAD DIY sehingga dapat memaksimalkan fungsi dari perpustakaan tersebut.
 Anda penasaran dengan layanan dan fasilitas yang disediakan oleh PBAD Unit Badran I. Silahkan berkunjung ke Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY) yang berada Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29 Yogyakarta.
Pusat Referensi Daerah & Rumah Belajar Modern.(Library as Regional Reference Centre & Modern Study House) Bermurah Hatilah untuk menjadikan buku sebagai koleksi perbendaharaan informasi oleh  Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY).

2 komentar:

Chabib_IpuiN mengatakan...

go perpustakaan ..... mantap

Dita Rachmawati mengatakan...

mari berwisata ke Perpustakaan yang ada di Yogyakarta..yuk.

Posting Komentar