Pages

Minggu, 27 Mei 2012

Jogja Library For All ( JogjaLib.Net )


Pada tanggal 30 November 2005 terbentuklah sebuah jaringan kerjasama perpustakaan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)  yang diberi nama Jogja Library For All (JLA). Terbentuknya JLA ditandai dengan penandatangan kesepakatan bersama antara Pemerintah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diwakili oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dengan beberapa universitas yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII), dan Institut Seni Indonesia (ISI).
Tujuan dibentuknya JLA yaitu untuk membangun jaringan kerjasama antar perpustakaan, meningkatkan pelayanan akses informasi koleksi perpustakaan melalui media yang seragam serta berbasis teknologi informasi, meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat khususnya dunia pendidikan, serta meningkatkan pelayanan bagi pengguna perpustakaan khususnya dan masyarakat pada umumnya dalam rangka mendukung Yogyakarta sebagai kota pendidikan, budaya dan tujuan wisata
Secara ringkasnya, Jogjalib adalah Portal Informasi Katalog Buku dan Perpustakaan yang memiliki layanan untuk pencarian buku di 20 Perpustakaan yang ada di Yogyakarta.20 Perpustakaan di Yogyakarta yang tergabung dalam Jogjalib antara lain
Perpustakaan Daerah (BPAD Yogyakarta), UGM, UNY, UKDW, STIMIK AMIKOM, STIMIK A.YANI, APMD, STPN, UII, UIN SUNAN KALIJAGA, Perpustakaan Kabupaten Kulon Progo, SMAN 1 Yogyakarta, Akademi Teknologi Kulit (ATK), ISI, ATMAJAYA, Universitas Sanata Dharma, UPN, UMY, UJB, dan STIE YKPN.
Jogjalib menyediakan beberapa fasilitas untuk mempermudah pengunjung dalam menjelajahi situs jogjalib, diantaranya :
1.      Fasilitas Member,
Member disini bersifat umum dan khusus, artinya jika pengunjung berasal dari universitas yang menjadi anggota Jogjalib seperti yang disebutkan diatas, maka untuk mengaktifkan member jogjalib harus melalui perpustakaan universitas tempat anda bernaung. Sifat Umum, masyarakat jogja ataupun mahasiswa luar bisa mendaftar sebagai member perpustakaan daerah dan mengaktifkannya melalui perpustakaan daerah.
2.      Usulan Buku
Pada fasilitas ini member jogjalib bisa mengusulkan buku buku yang belum ada di katalog Jogjalib ini.
3.      Facebook dan Twitter Share
Facebook dan Twitter Share tersebut include di jogjalib, supaya pengunjung satu sama lain bertukar artikel dari informasi yang ditampilkan jogjalib.
JogjaLib juga menyediakan kartu anggota Jogjalib. Kartu anggota tersebut berfungsi sebagai penyambung antara perpustakaan satu dengan yang lain, selain itu kartu ini bisa untuk pinjam buku di perpustakaan yang tergabung dalam anggota jogjalib.
Selain itu juga ada Paguyuban Perpustakaan Jogjakarta yang bernama JogjaLib.Net. JogjaLib.Net merupakan sebuah portal yang mencoba menggabungkan berbagai perpustakaan yang menggunakan SLiMS di Yogyakarta. JogjaLib.Net didirikan tanggal 9 Juli 2010. SLiMS sendiri adalah sebuah perangkat lunak untuk pengelolaan perpustakaan, dan berbasis opensource. SLiMS dapat di unduh di http://slims.web.id.
Para penggerak JogjaLib.Net adalah para sukarelawan perpustakaan, yang tergabung dalam Komunitas SLiMS Jogjakarta. Komunitas ini berdiri Januari 2010, dan pada tiap bulan berusaha sekuat tenaga untuk berkumpul dan belajar bersama. Beberapa Pegiat Komunitas SLiMS Jogja, yang merupakan tulang punggung JogjaLib.Net antara lain:
  • Purwoko (Pustakawan Teknik Geologi UGM) Koordinator
  • Tarto (Ruang Baca PTBB Fakultas Teknik UNY) Sekretaris + Bendahara
  • Haris (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga) Disain Web JogjaLib.Net
  • Muhtarom (Perpustakaan SD Sriharjo Bantul) Disain Web JogjaLib.Net
  • Sumaryanto (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga) Disainer Merchandise JLN
  • Ari Suseno (Pendiri dan Pengelola website www.duniaperpustakaan.com) Humas
  • Heri Abi (Pustakawan ISI Yogyakarta)  Humas
  • Arif Surachman (Pustakawan FEB UGM) Humas
  • Abdul Aziz (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga) Humas
  • Budhi Santoso (Pustakawan Geografi UGM) Admin JogjaLib.Net
  • Eddy Subratha 
serta dari berbagai perpustakaan, baik di Jogja, Klaten, Boyolali, Kudus, dan juga Banjarnegara.
Komunitas SLiMS Jogja berusaha untuk bertemu sebulan sekali dalam rangka belajar dan saling berkunjung ke perpustakaan anggota. Keanggotaan komunitas bersifat terbuka dan sukarela. Beberapa pertemuan (secara berurut) sejak Januari 2010 dilaksanakan di:
1.      Selasar FT UGM + Perpustakaan Geologi UGM
2.      Selasar FT UGM
3.      UIN Sunan Kalijaga
4.      Fakultas Geografi UGM
5.      Fakultas ISIPOL UGM
6.      SD Sriharjo Bantul Yogyakarta
7.      SMA 1 Teladan Yogyakarta
8.      UNY
9.      Perpustakaan Kota Jogjakarta
10.  dan berbagai tempat lainnya
http://blog.jogjalib.net

0 komentar:

Posting Komentar