Pages

Jumat, 18 Mei 2012

Museum dan Perpustakaan Sonobudoyo




Di Sebelah utara dari Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta terdapat sebuah museum yang diberi nama Museum Sonobudoyo. Museum Sonobudoyo terbagi menjadi dua. Unit 1 berada di Jl. Trikora No. 6 Yogyakarta 55122 dan Unit 2 di Ndalem Condrokiranan, Wijilan. Pencetus berdirinya Museum Sonobudoyo ini adalah sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali dan Lombok. Yayasan tersebut bernama Java Institut. Pada tanggal 6 November 1935, yayasan tersebut dipimpin oleh Prof. Dr. Huseun Djajaningrat dan mendirikan Museum Sonobudoyo atas restu dari Sri Sultan Hamengkubuwono VIII. Peresmian Museum tersebut ditandai dengan Candrasengkala “Kayu Winayang Ing Brahma Budha”.
Pada Tahun 1940 Museum Sonobudyo telah dilengkapi dengan Perpustakaan yang  menempati Gedung  seluas 668 m2. Adapun koleksi perpustakaannya adalah buku dan naskah yang sebagaian besar isinya menggambarkan kebudayaan Bangsa Indonesia.
Perpustakaan Museum Sonobudoyo dapat dimanfaatkan bagi seluruh kalangan masyarakat, mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Peneliti maupun komunitas lain yang berhubungan dengan kebudayaan.
Jam buka Museum Sonobudoyo adalah sebagai berikut:
Selasa - Kamis     :    Pukul 08.00 - 15.30 WIB
Jum'at                   :    Pukul 08.00 - 14.30 WIB
Sabtu & Minggu  :    Pukul 08.00 - 15.00 WIB     
Senin dan Hari Besar atau Libur Nasional Tutup 
Daftar biaya masuk Museum Sonobudoyo adalah
No.
Ketentuan
Biaya
1.
Dewasa Perorangan
Rp.3.000,-
2.
Dewasa Rombongan
Rp.2.500,-
3.
Anak–anak Perorangan
Rp.2.500,-
4.
Anak–anak Rombongan
Rp. 2.000,
5.
Wisatawan Asing
Rp.5.000,-



Selain itu ada juga Pergelaran Wayang berdurasi singkat dan biaya untuk menonton Rp. 20.000,-  per orang.
.
Koleksi di Museum Sonobudoyo adalah benda-benda yang mempunyai nilai sejarah dan budaya seperti kain batik, wayang, mata uang perak dan lain sebagainya. Selain itu, di Museum Sonobudoyo ini terdapat laboratorium konservasi dan pendopo. Di dalam laboratorium konservasi tersebut terdapat alat-alat untuk memelihara, merawat dan mengawetkan koleksi museum, sehingga keselematan koleksi museum lebih terjamin keamanannya dari kerusakan yang diakibatkan oleh faktor iklim maupun usia. Di pendopo terdapat 2 gamelan yaitu Gamelan Kyai Mega Mendung serta Gamelan Kyai dan Nyai Ririrs Manis.
Di Museum Sonobudoyo mempunyai Ruang Auditorium dan Ruang Serbaguna. Ruang Auditorium, terletak didalam kompleks Gedung Museum Sonobudoyo Unit I, Jl. Trikora No 6 Yogyakarta, dibagian sisi sebelah Barat.  Ruang Auditorium terdiri dua lantai, dapat digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan seperti  seminar, sarasehan, ceramah, workshop, rapat kerja, dan lain sebagainya. Sedangkan, ruang serbaguna, terletak di Museum Negeri Sonobudoyo Unit II, Jl. Mijilan No I , Dalem Condrokiranan Yogyakarta (Sebelah Tenggara Museum Negeri Sonobudoyo Unit I). Pengunaan ruang  tersebut adalah untuk acara upacara pernikahan gaya yogyakarta, seminar, ceramah, sarasehan, rapat - rapat dan lain sebagainya.
Ayo berkunjung ke Museum dan Perpustakaan Sonobudoyo. Berwisata sambil belajar tentang benda bersejarah. Selain itu, manfaatkan juga ruang auditorium dan ruang serbagunanya.

0 komentar:

Posting Komentar