Pages

Jumat, 18 Mei 2012

Balai Bahasa Yogyakarta


Di kota Yogyakarta terdapat sebuah Balai Bahasa. Balai Bahasa ini berkedudukan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional dan berada di bawah Pusat Bahasa. Balai ini terletak di Jalan I Dewa Nyoman Oka No.34 Yogyakarta.
Balai Bahasa ini sebagai lembaga penelitian, pusat informasi dan pelayanan di bidang kebahasaan dan kesastraan (Indonesia dan Daerah) di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di balai ini terdapat pembinaan-pembinaan untuk masyarakat. Pembinaan tersebut antara lain:
a.      Penyuluhan Bahasa dan Sastra
Balai Bahasa siap bekerja sama dengan berbagai instansi atau lembaga lain untuk mengadakan penyuluhan bahasa dan atau penyuluhan sastra, baik Indonesia maupun Jawa. Materi penyuluhan bahasa yang ditawarkan mencakupi ejaan, pemilihan kata, peristilahan, kalimat dan paragraf, penyusunan karya tulis, dan lain-lain.
b.      Pendidikan dan Pelatihan
1.      Bengkel Bahasa
Program Bengkel Bahasa dimaksudkan sebagai tempat berlatih proses kreatif menulis (esai, artikel, feature, makalah, karya tulis ilmiah, dan lain sebaginya).
Selain itu, Bengkel Bahasa dapat diperluas menjadi pelatihan proses kreatif yang berkaitan dengan retorika dalam berpidato, pranata adicara, dan lain sebagainya.).
2.      Bengkel Sastra
Program Bengkel Sastra sebagai wahana atau tempat pelatihan apresiasi ( menyimak, membaca, memahami) dan ekspresi / kreasi, baik lisan (membacakan, memanggungkan) maupun tulis (menulis, mencipta) karya sastra. Program ini dipilah menjadi dua, yakni Bengkel Sastra Indonesia dan Bengkel Sastra Jawa.
c.       Sanggar Sastra
1.         Sanggar Sastra Indonesia Yogyakarta
Sanggar Sastra Indonesia Yogyakarta (SSIY) merupakan wadah kegiatan bersastra dengan tujuan memberikan tempat bagi alumni peserta Bengkel Sastra Indonesia dan siswa SLTA serta peminat sastra untuk berolah sastra. Program yang dilaksanakan meliputi pembinaan (diskusi) dan pelatihan (berekspresi sastra).
2.      Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta
Berdirinya Sanggar Sastra Jawa Yogyakarta (SSJY) dilatarbelakangi oleh kegiatan "Temu Pengarang, Penerbit, dan Pembaca Sastra" di Taman Budaya Yogyakarta ini dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan kreatif di bidang sastra, bahasa, dan budaya bagi para pengarang dan pemerhati sastra Jawa.
d.      Siaran di Media Massa
1.      "Dialog Interaktif" dan "Lembar Puisi"
Program "Dialog Interaktif" dan "Lembar Puisi" merupakan realisasi kerja sama antara Balai Bahasa dan RRI Programa 1 Yogyakarta. Program pembinaan bahasa dan sastra Indonesia dan Jawa dengan format "dialog interaktif" disiarkan setiap hari Sabtu (minggu pertama dan ketiga); sedangkan lembar puisi (Indonesia) dengan format "dialog" disiarkan setiap hari Sabtu (minggu kedua dan keempat), pukul 16.00-17.00.
2.    Rubrik "Bina Bahasa Bina Sastra"
Beberapa tahun lalu Balai Bahasa menjalin kerja sama membuka rubrik "Bina Bahasa Bina Sastra" dengan media cetak, antara lain Mekar Sari, Djaka Lodang, dan Kedaulatan Rakyat. Rubrik ini dimaksudkan sebagai media sosialisasi hasil-hasil pengkajian bahasa dan sastra para peneliti Balai Bahasa kepada masyarakat luas.
e.         Penerbitan
1.    Jurnal Ilmiah WIDYAPARWA
Sejak tahun 1968 Balai Bahasa menerbitkan jurnal ilmiah Widyaparwa. Jurnal Widyaparwa memuat berbagai artikel, ulasan, kajian, dan hasil penelitian tentang kebahasaan dan kesastraan (Indonesia/Jawa). Widyaparwa merupakan media publikasi ilmiah bagi peneliti Balai Bahasa dan sebagai media komunikasi bagi peminat bahasa dan sastra umumnya (mahasiswa, guru, dosen, seniman, budayawan, pejabat, dll
2.      Lembaran PUSPA RINONCE
Sejak 1997 Balai Bahasa menerbitkan Puspa Rinonce: Lembaran Basa Jawa. Lembaran ini memuat berbagai persoalan praktis tentang bahasa dan sastra Jawa.
f.       Temu Bahasa / Sastra dan Lomba
1.         Temu Bahasa dan Sastra
Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda dan Hari Pemuda, setiap bulan Oktober (Bulan Bahasa) Balai Bahasa selalu menyelenggarakan kegiatan temu bahasa dan sastra (sarasehan, seminar, lokakarya, dll.). Di dalam kegiatan ini dihadirkan para ahli (pakar bahasa, pakar sastra, pakar pendidikan bahasa/sastra, sastrawan, dll.), baik lokal maupun nasional, untuk menjadi pembicara (pemakalah).
2.         Bermacam Lomba
Lomba kebahasaan dan kesastraan merupakan kegiatan yang penting bagi upaya pembinaan/peningkatan kualitas berbahasa dan bersastra. Karena itu, Balai Bahasa telah, sedang, dan akan berupaya memprogramkan kegiatan lomba bagi masyarakat luas. Lomba karya tulis, pidato, baca puisi, cipta puisi, cipta cerpen, dan sejenisnya telah diselenggarakan berkali-kali oleh Balai Bahasa.
g.      Pergelaran Macapat
Sebagai upaya pembinaan apresiasi sastra tradisional, Balai Bahasa secara rutin menyelenggarakan kegiatan macapatan. Kegiatan yang terwujud berkat kerja sama Balai Bahasa dengan lembaga-lembaga lain (FIB UGM, FBS UNY, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan berbagai lembaga atau paguyuban lain).
h.      Penyuntingan / Editing
Balai Bahasa membuka diri untuk bekerja sama dalam hal penyuntingan naskah, yang antara lain dapat berupa naskah pracetak, naskah cerita, naskah pidato, naskah tulisan ilmiah (makalah, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian), dan lain-lain. Dalam hal ini, editing lebih difokuskan pada segi bahasa (ejaan, diksi, struktur, hubungan antarkalimat, paragraf, hubungan antarparagraf, dan lain-lain.), bukan pada isi (maksud penulis tetap dijaga keasliannya).
Terdapat pula layanan konsultasi dan Informasi Pustaka.Selain itu, balai bahasa juga mempunyai perpustakaan online Balai Bahasa Yogyakarta yang dapat diakses di http://lib.balaibahasa.org

0 komentar:

Poskan Komentar