Pages

Senin, 07 Mei 2012

Rumah Budaya Tembi


 Yogyakarta memiliki beberapa desa wisata. Salah satunya yang berada di  Bantul yaitu desa wisata TEmbi. Di desa wisata ini mempunyai sebuah rumah budaya yang dikenal dengan Rumah Budaya Tembi. Rumah Budaya tersebut merupakan sebuah rumah yang mempunyai berbagai fasilitas untuk mendukung kesenian di Yogyakarta. Rumah Budaya Tembi memiliki dokumentasi dan informasi sejarah serta kebudayaan. Selain itu juga sebagai tempat lahirnya karya kreatif berbasis budaya lokal yang berkualitas dan menjadi bagian jaringan masyarakat kreatif dunia.
Tembi Rumah Budaya selain sebagai penyedia informasi tentang sejarah dan budaya, disini juga menyelenggarakan pameran seni, residensi perupa, terdapat pertunjukan seni tradisional dan kontemporer, memproduksi karya seni berkualitas (terdapat kelompok musik dan tari), serta mendukung kaum muda yang giat akan seni dan budaya.
Di Rumah Budaya ini juga terdapat museum. Museum atau Bale Dokumentasi terbagi atas tiga ruang yaitu Wonogiri, Purworejo, dan Madyasura. Di dalam ruang – ruang tersebut terdapat koleksi museum antara lain berisi buku - buku, naskah lama (manuskrip) serta koleksi benda - benda sejarah. Museum atau Bale Dokumentasi ini sering disebut juga Perpustakaan Mertayudan.


0 komentar:

Posting Komentar