Pages

Kamis, 15 Maret 2012

BPAD Unit Badran II

 
Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta mempunyai beberapa unit. Salah satu unitnya yaitu unit dua. Unit kedua atau sering disebut juga Unit Badran II berada di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29 Yogyakarta. Letaknya berada disebelah barat dari Unit Badran I atau BPAD pusat.
BPAD unit II ini dominan sebagai sekretariat dari BPAD pusat. Lokasi perpustakaan berada dilantai 2. Unit II ini mempunyai gedung yang kuno seperti kantor. Orang yang tidak tahu, pasti mengira di unit II tidak terdapat layanan perpustakaan.
Di Perpustakaan BPAD unit Badran II mempunyai 2 pustakawan pada tahun 2012 ini.
Layanan di Perpustakaan Badran II dibuka pada hari Senin sampai Kamis adalah pukul 08.00 sampai dengan 14.00 wib, hari Jum’at buka pukul 08.00 sampai dengan 11.00 wib dan pada hari Sabtu buka pada jam 08.00 sampai dengan 12.00 wib. Perpustakaan Unit Badran II ini mempunyai beberapa layanan, antara lain adalah
a.       Layanan sirkulasi
b.      Layanan ruang baca
c.       Layanan majalah dan surat kabar (layanan serial)
d.      Layanan koleksi langka dan skripsi kuno
e.       Layanan referensi
Perpustakaan yang tampilannya kuno ternyata juga memiliki koleksi yang langka juga. Koleksi yang ada di Perpustakaan unit II ini adalah referensi ( terbitan pemerintah, kamus, ensiklopedia dll) , koleksi umum no kelas 000 - 900 , majalah , surat kabar ( Media Indonesia, Bernas, Kompas, Jawa Pos), koleksi Islam, dan skripsi kuno. Dilengkapi juga sebuah televisi sebagai media informasi dan hiburan.  
Perkembangan BPAD unit II akan dipindah ke Perpustakaan Internasional Yogyakarta. Pada tahun 2012 ini, Perpustakaan Internasional milik Pemerintah Provinsi DIY dibangun didekat Jogja Expo Center (JEC). Perpustakaan ini dapat digunakan pada bulan Maret tahun 2013.
Sudah lama di Yogyakrata?? Tapi belum pernah ke BPAD Badran II. Ayo kunjungi Perpustakaan BPAD Unit Badran II di Jalan Tentara Rakyat Mataram No. 29 Yogyakarta. Mari berwisata ke Perpustakaan sekitar Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar