Pages

Jumat, 30 Maret 2012

Jogja Library Center - BPAD Unit III Malioboro


Jogja Library Center merupakan salah satu dari gedung perpustakaan milik Provinsi DIY yang ada di Malioboro. Jogja Library Center termasuk salah satu unit dari Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Yogyakarta. Selain itu Perpustakaan se-DIY mempunyai program kerjasama yang dinamakan JogjaLib. JogjaLib.Net merupakan paguyuban Perpustakaan Jogjakarta (dikutip dari http://www.indoplaces.com/mod.php?mod=indonesia&op=view_region&regid=2691)
            Jogja Library Center (JLC) awalnya adalah gedung kuno dua lantai yang digunakan untuk Perpustakaan Negara. Perpustakaan Negara berkembang terus dari tahun ke tahun dan pada akhirnya pada tanggal 17 Maret 1952 Perpustakaan Negara harus meninggalkan gedung di Jalan Tugu 66 (Sekarang Jalan P. Mangkubumi), kemudian dipindahkan ke gedung yang lebih besar di Jalan Malioboro 175, yakni bekas Toko Buku dan penerbitan "Kolf Bunning". Hingga kini perpustakaan tersebut berada di Jalan Malioboro dan diberi nama Jogja Library Center (JLC) ( dikutip dari http://bpadjogja.info.com )
BPAD Unit III Malioboro atau sering disebut Jogja Library Center merupakan perpustakaan yang memiliki dominan koleksi berupa terbitan berseri / berkala. Koleksi yang terdapat di BPAD Unit III Malioboro, yaitu :
a.     Koleksi Surat Kabar
Bermacam – macam surat kabar terdapat di JLC. Arsip paling lengkap yaitu koran Kedaulatan Rakyat, yang tersedia mulai terbitan perdana pada tanggal 27 September 1945. Semua dirawat dengan cara penjilidan sesuai dengan nama surat kabar tersebut menurut kronologi terbitnya.
b.     Koleksi Majalah
Majalah yang ada di JLC seperti Majalah Tempo, Gatra, sampai ke majalah Penyebar Semangat dan Djoko Lodang.
c.     Koleksi Yogjasiana
Semua buku yang berhubungan dengan Yogyakarta berada disini. Ini menjadi koleksi yang menjadi ciri khas dari BPAD Unit III Malioboro.
d.    Koleksi Kyoto Corner
Di Kyoto Corner terdapat buku-buku yang berasal dari Jepang.
Selain itu terdapat juga koleksi digital tentang segala aspek budaya Yogyakarta seperti kesenian, bahasa, sampai ke info makanan tradisional. Digitalisasi juga dilakukan pada surat kabar yang sudah rusak.
JLC ini mulai membuka layanan pada hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00-14.00 wib, hari Jum’at pukul 08.00-11.00 wib dan hari Sabtu pukul 08.00-11.00 wib. Sistem layanan yang digunakan hanyalah  membaca ditempat. Sehingga pengunjung tidak boleh meminjam koleksi. Jenis layanan yang ada di JLC antara lain:
a.       Layanan Yogjasiana
 JLC mengunggulkan  koleksi Yogyasiana sebagai layanan khas.
b.      Layanan Majalah dan Surat Kabar
c.       Layanan Kyoto Corner
Mulai bulan Oktober 2010, untuk memperingati 35 tahun persaudaraan DIY dengan Prefektur Kyoto, dibuka Kyoto Book Corner di Jogja Library Center.
d.      Layanan Internet
Di JLC mempunyai fasilitas hotspot area. Pada dinding dan tiang perpustakaan sudah tertempel informasi tentang id dan password wifi. Sehingga pengunjung tidak usah menanyakan kepada petugas.
e.       Layanan Audio  Visual

Kalau jalan-jalan ke Malioboro jangan lupa mampir ke Jogja Library Center ( BPAD Unit III Malioboro). Selain jalan-jalan dan berwisata dapatkan ilmu dan informasi di Jogja Library Center (JLC).

0 komentar:

Posting Komentar