Pages

Selasa, 24 April 2012

Jogja Studi Center ( JSC )


Jogja Studi Centre ( JSC ) adalah sebuah nama dari Unit 4 Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta ( BPAD DIY ). JSC terletak di sebelah barat daya SMA Stella Duce 1 Yogyakarta. JSC berada di Jl. Faridan M. Noto 21 Kotabaru Yogyakarta. BPAD Unit 4 ini berfungsi sebagai rumah belajar masyarakat. Namun BPAD Unit 4 ini lebih dikhususkan untuk anak-anak.
JSC membuka layanan pada hari Senin sampai Kamis pukul 08.00-17.00, hari Jumat pukul 08.00-11.00 kemudian setelah jumatan buka kembali pada pukul 13.00-16.30 dan hari Sabtu pada pukul 08.00-16.30. JSC juga juga dilengkapi beberapa layanan antara lain layanan internet, layanan sirkulasi perpustakaan kanak-kanak, laynan koleksi braile, layanan ruang belajar dan diskusi, layanan audio visual, dan ruang seni dan budaya.
Di dalam JSC terdapat beberapa ruangan antara lain :
a.       Ruang Perpustakaan Kanak-Kanak
Perpustakaan yang berada di dalam JSC lebih dikhususkan untuk anak-anak. Koleksi yang ada juga diperuntukan bagi anak-anak. Koleksi dapat dibaca ditempat maupun dipinjam.
b.      Ruang Referensi Anak
Ruangan ini berada di sebelah barat perpustakaan kanak-kanak. Dalam ruang referensi terdapat koleksi sumber rujukan yang dibutuhkan anak-anak, namun koleksi ini hanya bisa dibaca ditempat dan tidak boleh dibawa pulang.
c.       Ruang Audio Visual
Ruangan ini berada di sebelah barat dari ruang informasi. Dalam ruangan ini tedapat sebuah televisi, CD pengetahuan dan VCD player. Alat-alat ini dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran modern. Pembelajarannya yaitu dengan cara visual atau melihat video.
d.      Ruang Pertemuan dan Diskusi
Dalam ruang ini terdapat kursi dan meja yang dapat dimanfaatkan untuk ruang diskusi dan pertemuan para pemustaka.
e.       Ruang Internet
Di JSC terdapat sebuah ruangan yang berisi seperangkat komputer, scanner, speaker dan ruang yang ber-AC.Ruangan ini dapat digunakan pemustaka untuk mencari informasi online dan sebagai sarana belajar yang modern. Untuk masyarakat umum yang akan mempergunakan layanan internet dapat dikenai tarif Rp 1.000,- per jam.
f.       Ruang Belajar
Di dalam ruangan ini terdapat meja dan kursi yang dapat dipergunakan sebagai ruangan untuk belajar dan mengerjakan tugas.
g.      Ruang Seni dan Budaya
Ruangan seni dan budaya ini menjadi satu dengan ruangan audio visual. Dalam ruangan ini terdapat beberapa wayang, boneka, patung binatang, miniatur tempat ibadah, buku budaya, topeng dan lain sebagainya. Barang-barang tersebut dapat dimanfaatkan anak-anak sebagai media untuk lebih mengenal budaya mereka, khususnya budaya jawa.
h.      Sanggar Lukis Pratista
Di JSC ini juga terdapat sanggar lukis. Sanggar lukis pratista ini adalah sanggar yang menyewa tempat di JSC dan bekerjasama dengan JSC. Sanggar tersebut sebagai media untuk menyalurkan bakat dan minat anak-anak dalam bidang seni lukis. Bagi anak-anak yang berkeinginan untuk bergabung dengan sanggar ini, maka dapat mendaftar di Sanggar Lukis Pratista yang sekretariatnya berada di sebelah barat daya Ruang Seni dan Budaya.
i.        Ruang Aula
Di sebelah barat area parkir terdapat sebuah ruangan aula yang dapat dipergunakan pemustaka sebagai ruangan kegiatan ataupun hanya untuk bersantai.
Perpustakaan kanak-kanak yang ada di JSC menyediakan berbagai koleksi buku untuk anak-anak. Koleksi buku anak antara lain buku bacaan untuk anak dan remaja, buku cerita rakyat, komik, buku bergambar, buku pengetahuan umum, buku bergambar, buku dongeng, dan buku pelajaran. Koleksi di referensi seperti ensiklopedia dan kitab suci.
Bagi yang belum pernah berkunjung ke Jogja Studi Centre. Ayo berkunjung ke JSC atau BPAD Unit 4 ini. Ajak adik-adik kalian untuk berkunjung dan menjadi angota dari Perpustakaan Kanak-kanak JSC. Selain itu ajak teman-teman untuk memanfaatkan koleksi braile yang ada di sini. Karena koleksi braile di JSC tidak begitu dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.
Jadikanlah PERPUSTAKAAN menjadi RUMAH KEDUA untuk KITA….OK!!!!! 


0 komentar:

Posting Komentar